Monday, March 29, 2010

Tentang suku bunga KGU BTN (Indonesian)

Disarikan dari Tanya-Jawab:

09/03/2006 - Saya pada bulan 26 Maret 2005 melakukan akad kredit KGU sebesar Rp 55 juta dengan tingkat suku bunga 14% jangka waktu 15 tahun. Cicilan perbulan sebesar Rp 746.300,-. Saat ini saya baca di website BTN suku bunga KGU menjadi 18%. Pertanyaan saya, apakah setelah genap 1 tahun mencicil, cicilan pada tahun ke-2 akan berubah dengan menyesuaikan tingkat suku bunga sekarang 18%? Kalau benar, kira-kira nanti cicilan/bulannya menjadi berapa? Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.
Jawaban:
Bunga yang berlaku sekarang hanya untuk KPR yang realisasi pada saat kanaikan tersebut. Sementara untuk KPR realisasi lama (sebelum kenaikan) penyesuaian bunga akan ditentukan kemudian melihat perkembangan bunga pasar.

17/03/2004 - 1.Perhitungan KPR. Apa rumus yang dipakai dalam perhitungan KPR? Kok terjadi perbedaan dalam cicilan yang dibayar dengan perhitungan standar (Annuitas) Contoh : KPR 60 juta, Interest 16 % selama 5 Tahun (BTN/bulan=Rp1,527,046.68 ; Standard/bulan=PMT(rate,nper,pv,fv)=Rp1459,083.43) Tolong Penjelasannya
Jawaban:
1. Angsuran yang dipakai di BTN adalah angsuran dengan sistem anuitas tahunan, artinya angsuran per tahun tetap, sedangkan komposisi antra angsuran pokok dan angsuran bunga akan disesuaikan setiap hari ulang tahun akad kredit KPR Saudara. 2. Formula angsuran Bank BTN adalah : (Maksimal Kredit x constanta Anuitas)/12 3. Constanta anuitas bisa di lihat ditabel anuitas dengan mencocokkan kolom jangka waktu dan tingkat suku bunga.

24/03/2004 - 1.Apa dasar tabel yang dipakai untuk perhitungan KPR kok terjadi perbedaan nominal pembayaran kredit antara versi BTN dan versi standard ? 2.kok terjadi selisih yang besar antara BTN dan Standard ? Contoh : KPR 60 juta, Interest 16 % selama 5 Tahun Pembayaran versi BTN : Rp 1,527,046.68 / bulan Pembayaran Standard : PMT(rate,nper,pv,fv)= Rp 1459,083.43 / bulan
Jawaban:
1. Sudah menjadi kebijakan bank bahwa dasar yang dipakai untuk perhitungan KPR adalah menggunakan tabel anuitas karena Sistem Perhitungan Bunga yang dilakukan di BTN adalah sistem anuitas. 2. Sistem perhitungan bunga anuitas tercantum dalam Perjanjian Kredit yang sudah ditandatangani pihak Bank dan debitur.

01/07/2004 - Setiap jawaban pertanyaan mengenai cara perhitungan angsuran kredit sekalu menyebut table annuitas. Pertanyaan saya, dimana saya bisa lihat tabel ini, dan bagaimana cara perhitungan nilai annuitas yang tercantum di tabel tersebut? Bukan hasil sulap, kan?
Jawaban:
Biasanya pada saat melakukan wawancara untuk realisasi KPR selalu diperlihatkan cara penghitungan angsuran yang merujuk pada tabel anuitas. Bila saudara sedang ke kantor cabang Bank BTN, saudara dapat memintanya di Loan Service, di web ini tidak kami tampilkan untuk mengurangi beban akses.

17/03/2004 - Saya mengambil KPR tahun 2002 dengan suku bunga 19.5%, apakah suku bunga untuk tahun-tahun mendatang tetap karena sampai awal tahun 2004 ini cicilan jumlahnya tetap? Apa arti anuitas tahunan, apa suku bunganya tidak akan mengikuti pasar dan fixed sampai akhir masa kredit, tolong di beri penjelasan cara menghitung cicilan?
Jawaban:
a. Sesuai dengan perubahan suku bunga seharusnya KPR Saudara telah mengalami penurunan dua kali yaitu per 1 November 2003 menjadi 18,5% dan per 1 Maret 2004 menjadi 17,5%. Bila angsuran KPR Saudara belum berubah sebaiknya tanyakan ke Cabang BTN terdekat. b. Suku bunga anuitas tahunan artinya setiap bulan tetap dan angsuran untuk bunga akan disesuaikan minimal setahun sekali pada saat ulang tahun realisasi kredit. c. Suku bunga bisa berubah menyesuaikan kemampuan pendanaan BTN namun bila kondisi ekonomi tidak ekstrim biasanya perubahan bunga tersebut tidak terlalu significant. d. Rumus angsuran perbulan : (Maksimal kredit atau sisa pinjaman x constanta anuitas) dibagi 12 e. Constanta anuitas bisa dilihat ditabel anuitas dengan mencocokkan antara baris jangka waktu kredit dan kolom tingkat suku bunga.

09/03/2004 - Sehubungan dgn penurunan suku bunga KPR yg saya lihat melalui situs BTN ini, ada bbp hal yg ingin saya tanyakan : 1) Apa yg berpengaruh thp konsumen ? (masa atau besar angsuran-kah). 2) Jika konsumen memilih untuk merubah besar atau masa angsuran, bagaimanakah prosedurnya ? 3) Apakah bila terjadi perubahan suku bunga KPR ini diberitahukan ke konsumen ? melalui apa ? Terima kasih atas perhatian dan salut untuk situs BTN yg semakin Informatif dan ditunggu fasilitas lainnya (mis. bisa transfer KPR via internet). Salam - gatot
Jawaban:
1. Untuk realisasi baru setelah bunga turun otomatis angsuran yang akan menjadi lebih kecil. Sementara untuk KPR realisasi lama akan terjadi penurunan yang juga berpengaruh pada besarnya angsuran tapi tidak sebesar bunga yang berlaku saat ini (k/l s.d. 17,5%) 2. Penurunan suku bunga hanya berpengaruh pada besar angsuran. Apabila ingin ada perubahan yang cukup signifikan antara besar angsuran atau jangka waktu, debitur dapat melakukan pembayaran ekstra (minimal pembayaran 5 kali angsuran) 3. Setiap ada perubahan suku bunga akan diumumkan melalui media massa.

17/03/2004 - Yth, Pimpinan Bank BTN Saya sudah cari di semua halaman di situs btn.co.id ini, ternyata tidak ada keterangan tentang rumus / FORMULA yg dipakai BTN untuk menghitung jumlah angsuran kredit KPR (KGU). Apakah rumus yg digunakan BTN "sama dengan" Rumus pinjaman biasa lainnya. Soalnya setelah saya hitung, jumlah yg didapat dengan rumus yg saya punya, hasilnya berbeda dengan yg digunakan BTN. Lalu di Kalkulator KPR milik btn.co.id , juga tidak ada keterangan, darimana jumlah angsuran perbulan didapat. Yg saya tahu rumus kredit yg berlaku dibeberapa perusahaan LOAN, adalah P = (Cr(1+r)^N) / ((1+r)^N)-1 dimana: C : Jumlah Pinjaman (Loan Amount) R : Persen Bunga rata² (Interest Rate %) N : Jumlah bulan angsuran (Number of Mounth) r : R/1200 P : Angsuran Per Bulan (Monthly payment) <- adalah hasil dari perhitungan rumus Bunga rata² biasanya ditetapkan tahunan Jadi untuk perhitungan ini, angsuran per bulan dihitung dengan formula R/1200 Untuk kasus saya: C : Jumlah Pinjaman (Loan Amount) = Rp. 42.500.000,- R : Persen Bunga rata² (Interest Rate %) = 19.5 % N : Jumlah bulan angsuran (Number of Mounth) = Rp. 830.500,- r : R/1200 = 1.625 % = 0.01625 Seharusnya, dari rumus di atas, hasil yg didapat: P : Angsuran Per Bulan (Monthly payment) = Rp. 807.296,- Tapi yg saya bayarkan perbulan ke BTN adalah : X : Angsuran Per Bulan (Monthly payment) = Rp. 830.500,- Ada selisih sebesar : Rp. 23.203,- Jadi pertanyaannya, Dari manakah asal "X" ini didapat ? Mohon pihak BTN bisa segera mencatumkan rumus / FORMULA yg dipakai dalam menghitung angsuran KPR nya, terutama untuk KPR Griya Utama. Agar kami sebagai Nasabah tidak bingung dan akan merasa cukup puas dengan pelayan BTN. Sebagai referensi darimana saya dapat formula di atas, berikut ini beberapa situs yg menyediakan LOAN CALCULATOR : http://www.efunda.com/formulae/finance/loan_calculator.cfm http://www.1728.com/calcloan.htm http://www.121-finance.com/loans/index.php http://www.bankrate.com/brm/popcalc2.asp Wasalam, ridwank
Jawaban:
1. Angsuran yang dipakai di BTN adalah angsuran dengan sistem anuitas tahunan, artinya angsuran per tahun tetap, sedangkan komposisi antra angsuran pokok dan angsuran bunga akan disesuaikan setiap hari ulang tahun akad kredit KPR Saudara. 2. Formula angsuran Bank BTN adalah : (Maksimal Kredit x constanta Anuitas)/12 3. Constanta anuitas bisa di lihat ditabel anuitas dengan mencocokkan kolom jangka waktu dan tingkat suku bunga
---

kalo BTN bunga jauh lebih tinggi dari KPR biasa namun keuntungannya adalah angsuran yang FIXED selama masa kredit. kalo kpr bank biasa,hanya fixed 1 tahun pertama, tahun kedua dan seterusnya mengikuti bunga pasar yang ada (FLOATING RATE), sehingga bisa saja terjadi pada tahun pertama angsuran anda sebesar 2 juta per bulan tapi begitu masuk tahun kedua naik menjadi 2,5 juta-an atau bahkan 3 juta atau bisa juga tahun kedua jadi 1,8 juta. semua tergantung bunga bank tahun kedua dan seterusnya

kalo btn, angsuran anda 2 juta, ya 2 juta terus sampe lunas, tapi bunnga jauh lebih tinggi dari bank biasa, misal saat ini bunga kpr 11-12% BTN bisa sampe 16-17%. coba contact BTN, kalo ada suka yang stabil pake BTN saja.

Source:
www.kaskus.us/showpost.php?p=200095467&postcount=1038
---

Cara Cepat Melunasi KPR BTN
http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2011/08/12/cara-cepat-melunasi-kpr-btn/
---

Saya adalah nasabah setia KPR BTN karena sudah tiga kali membeli rumah dengan bantuan KPR BTN dimulai dari th 2000 silam. Pengalaman saya BTN tidak pernah menurunkan suku bunga walaupun suku bunga KPR BTN yang baru sudah turun. Saya yakin hal ini dialami oleh semua nasabah KPR BTN dimana kalau SBI nail BTN langsung menaikkan suku bunga sedangkan di kala SBI turun, BTN selalu tutup mata dan kalau kita tanya ke setiap orang di BTN jawabannya selalu tidak tidak nyambung. Bagaimana kalau kita adukan hali ini ke YLKI karena kita sebenarnya sudah di tipu oleh BTN dimana mereka bilang suku bunga akan mengikuti suku bunga SBI.

Jawab:
Pak Zainuddin,
Saya rasa bukan hanya bank BTN saja Pak, bank-bank swasta pun banyak yang seperti itu. Mungkin cara aman untuk KPR atau jenis pinjaman jangka panjang yang tidak akan membuat kita khawatir bisa mencoba menggunakan KPR dari bank-bank syariah.
Ingat selalu teliti, teliti dan hati-hati dalam prosesnya, semoga membantu.

Source:
http://kprid.wordpress.com/masalah-seputar-kpr/?replytocom=50#respond

1 comment:

  1. pemikiran saya sama halnya dengn pak zainuddin, walaupun suku bunga KPR BTN yang baru sudah turun. Saya yakin hal ini dialami oleh semua nasabah KPR BTN dimana kalau SBI nail BTN langsung menaikkan suku bunga sedangkan di kala SBI turun, BTN selalu tutup mata dan kalau kita tanya ke setiap orang di BTN jawabannya selalu tidak tidak nyambung. Bagaimana kalau kita adukan hali ini ke YLKI karena kita sebenarnya sudah di tipu oleh BTN dimana mereka bilang suku bunga akan mengikuti suku bunga SBI.

    ReplyDelete