Wednesday, March 3, 2010

Tentang Rekening Giro (Indonesian)

http://n0vri.wordpress.com/2007/11/23/sistem-bunga-bank/

Kredit rekening koran adalah fasilitas kredit yang diberikan bank kepada anda berupa sejumlah uang tertentu, namun bukan berbentuk uang tunai diberikan pada Anda, melainkan sebuah rekening atas nama Anda yang jumlahnya sebesar limit yang disepakati.

Anda bisa menggunakan uang di rekening itu untuk bertransaksi seperti halnya itu rekening koran Anda (seperti anda menabung). Setiap bulan, bank akan mengenakan bunga atas jumlah uang yang Anda pakai, bisa didebet langsung ke rekening itu, atau mendebet rekening Anda yang lain, tergantung kesepakatan.

Dalam menggunakan rekening koran itu, Anda tidak bisa tarik tunai di kasir atau ATM, melainkan harus menggunakan media cek atau Bilyet Giro.

Misalnya, Anda membeli barang dari supplier Anda, Anda tinggal mengeluarkan cek sejumlah pembayaran Anda dan si supplier tinggal mencairkan cek tersebut ke bank. Nah, dengan dicairkannya cek itu oleh supplier Anda, maka ‘outstanding’ hutang Anda akan bertambah sejumlah nilai yang Anda keluarkan itu.

Untuk kredit rekening koran, umumnya bertenor satu tahun, dan dapat diperpanjang (revolving). Bunganya juga umum, tapi tak setinggi KTA. Anda mesti memiliki jaminan yang memadai untuk itu, sebagai contoh jika agunannya tanah dan bangunan biasanya kredit yang diberikan sebesar 80% dari nilai bangunan itu.

Misalnya Anda ingin mendapat kredit 300 juta, maka nilai agunannya harus sekitar 375 juta.
Beberapa bank besar akan meilhat pengalaman Anda di bisnis yang Anda tekuni ini. Umumnya bank mensyaratkan Anda harus sudah bermain di bisnis yang sama minimal 2 tahun. Kebanyakan Bank punya prinsip “we don’t finance the dream”. Untuk usaha yang sama-sekali baru dan Anda belum punya pengalaman, mungkin agak sulit, apalagi di saat bank sangat selektif memberi kredit seperti saat ini. Ketika ekonomi sedang baik, setahu saya ada bank seperti Bank Panin yang bersedia membiayai usaha baru.

Syarat lainnya juga bersifat umum. Bank akan melihat usaha Anda, prospeknya, supplier Anda, market, melihat track-record Anda, bagaimana kondisi pasar saat ini dsb.

Lanjutan:
http://n0vri.wordpress.com/2007/11/23/sistem-bunga-bank/#comment-1569

No comments:

Post a Comment