Sunday, March 15, 2009

TUTOR : HOW to REPAIR HDD (Indonesian)

Tutor ini saya buat untuk memperbaiki masalah FIRMWARE (cth : HDD MAXTOR terdeteksi sebagai ALIASnya) ataupun BADSECTOR, dan masalah² lainnya.

NB :
- TUTOR ini saya buat dengan pengalaman saya selama 4 tahun di HDD REPAIR&RECOVERY DATA.
- SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KERUSAKAN HDD/KEHILANGAN DATA ATAS TULISAN YANG SAYA BUAT.
- tolong untuk berperan aktif di forum ini supaya gue ada ide buat bikin F&Q
- sebatas maxtor aja yah kalo merk laen tar dolo. tar ada BAB2 kalo udah pada jago pake PC3000 di maxtor

Cara Memperbaiki BAD SECTOR.
Sebenarnya BAD SECTOR disini ada berbagai macam penyebab, yaitu :
1. ditinggalkan oleh software yang corrup/ditinggalkan(ditandai) oleh virus
2. FIRMWARE error
3. HEAD rusak
4. masalah lainnya

Masalah No.1 sering banyak kita temui sehari² cara memperbaiki
cara yang paling umum adalah menggunakan hdd regenerator 1.51(terbaru) benar ngak??? tapi sayangnya saya tidak suka cara ini
1. menggunakan LOW LEVEL (program dapat diambil dari website produsen HDD anda) -> DATA HILANG
2. mengunakan program THDD (berasal dari acelab dan sudah bertebaran dimana²) -> saya paling suka menggunakan program ini kalo hendak menyelamatkan datanya
biasanya saya paling suka menggunakan MHDD tetapi software ini harus dibayar dengan hilangnya data.

Masalah No. 2 sebenarnya hanya sedikit orang yang mengetahui, bagaimana cara memperbaiki BAD SECTOR yang berasal dari FIRMWARE error.
1. harus mengunakan tool perbaikan HDD seperti HRT, PC3000, SALVATION (harus full version), dan tools lainnya yang mungkin saya belom ketahui
caranya : cek dengan VIEW G-LIST apakah banyak/tidak (pada HDD yang baik biasanya G-LIST = 0, namun beberapa lama yang lalu banyak bertebaran HDD REFURBISH yang memiliki G-LIST yang nilainya sangat banyak). juka nilai G-LIST banyak maka tinggal CLEAR G-LIST lalu perbaiki AT_POL (G-LIST), dengan menu MODUL REPAIR.
2. jika kita liat dengan FIRMWARE STRUCTURE kedapatan firmware 1B rusak maka harus REWRITE FIRMWARE.
CATATAN PENTING = jangan pernah untuk CLEAR P-LIST.

Masalah No. 3
cara mendiagnosa HDD BADSECTOR yang diakibatkan oleh HEAD.
xxxxxxoooooooxxxxxxxxooooooooxooooooooo <- ini head rusak, kalo mo RECOVERY DATA harus ganti HEAD, tapi selama ini masalah saya jika mengganti HEAD umur HDD tersebut ngak tahan lama. rekor saya mengganti HEAD paling lama 7hari paling lama. ada yang bisa mengajari saya cara mengganti HEAD yang BAIK dan BENAR.. plzzzzz hehehehe ;) PENGENALAN PC3000ISA ini saya buat dengan catatan anda sudah dapat megsetup dengan baik dan benar. 1. apa itu shell -> shell adalah suatu program yang berfungsi untuk menghidup matikan hdd di controller pc3000.
-> jika dijalankan di direktori maka akan terdapat menu hdd yang dapat disupport oleh pc3000

2. bagaimana cara menghidupkan pc3000 setelah shell
-> F11 = ON dan F12 = OFF

mengidentifikasi hdd yang kemungkinan(mungkin tidak bisa) bisa diperbaiki sangatlah gampang
1. FISIK MULUS. hahahhaa gampang kan
2. Tidak Knokking (ada bunyi bunyian aneh didalem HDD) -> mungkin masih bisa diperbaiki tetapi kemungkinannya sangatlah kecil
3. terdeteksi sebagai maxtor alias name (kalo tidak terdeteksi sangatlah sulit) kemungkinan harus perbaiki PCB atau menggantinya.
4. motor berputar (putaran disini artinya tidak sangat bising) namun dalam beberapa kasus bunyi agak sedikit bising masih bisa diperbaiki tanta penggantian SPARE PART (penggantian SPARE PART didalam HDD sebaiknya dihindari untuk memperbaiki HDD, karena menurut saya umur HDD tidak akan lama, lain hanya juga terpaksa harus mengrecovery DATA)

dan beberapa faktor lainnya yang mungkin saya lupa menebutnya disini

Prosedur untuk safe mode maxtor hdd only
untuk memperbaiki HDD MAXTOR dengan masalah FIRMWARE harus menggunakan SAFE MODE -> ini adalah WAJIB HUKUMnya.

Maxtor Memiliki 4 FIRMWARE UTAMA yaitu :
1. .LDR = LOADER
2. .RAM = MEMORY
3. *.RPM = MODUL
4. *.SMB = MODUL GROUP (untuk PC3000PCI ada di *.SMD)

letak LDR & RAM ada di parent directory
letak RPM/SMB ada di MXPKRMOD/MXDSPMOD <- tergantung PCMX_DSP.exe / PCMX_DSP.exe yang digunakan membuat/membackup FIRMWARE sangatlah mudah pertama kita harus memastikan bahwa HDD kita yang hendak diBACKUP dalam kondisi yang FIT. bagaimana cara memastikan FIRMWARE FIT atau tidak dapat kita lihat di : 1. FIRMWARE STRUCTURE 2. SA STRUCTURE TEST jika semuanya bagus maka HDD sangat siap untuk di BACKUP, jika salah satu ada FIRMWAREl yang rusak juga kita masih bisa kita BACKUP namun saya tidak sarankan OK lanjut ke cara membackup FIRMWARE 1. cara membackup LOADER LDR FILE CREATION -> bisanya saya masukan code family seperti 2B020H1
2. cara membackup MEMORY
READ MEMORY BUFFER -> bisanya saya isikan nilai dari CEKSUM
3. cara membackup MODUL
READING MODUL
4. cara membackup MODUL GROUP
READING MODUL GROUP

mengetahui nilai CHKSUM sangat mudah anda tinggal melihat dengan FIRMWARE STRUCTURE dan lihat baris CHKSUM disana akan tertera 4 digit angka/huruf
contoh : 6E21, OE71, E7E9, dan lain lainnya

Kalau pake PC3000 ISA , untuk ngatasin modul yang rusak, rasanya sulit, ver ISA cheking struktunya kan hanya pada mode MODULE GROUP, Padahal jika berdasarkan modul group, biasanya yang justru sering rusak adalah modul yang paling urgen yaitu group 1 dan 7. hd justru akan semakin kacau jika di upload dg modul yang tidak betul-betul edentik.
Jika menggunakan PCI sih tentu oke oke aja, karena pci memprotek berdasarkan ROM SA-nya, itupun hanya berlaku pada ver. 227 mungkin juga UDMA.

Salut pada cobagembel, sekalipun rada-rada iklan, saya pikir sah-sah saja, ini kan juga "ikut mencerdaskan bangsa" bukan..?

T: untuk yang menayakan user apakah pc300pci dengan pc3000isa fimwarenya sama.
J : bisa digunakan dengan merename file SMB ke SMD dan begitu sebaliknya.

Note : untuk PC3000UDMA saya belom coba, soalnya ngak punya sihhhhh.

T: apabila kita tidak memiliki firmware yang sama apakah kita bisa flash dengan type firmware sama dengan seri lain?
J: sebaiknya kita flash dengan firmware yang sama 100% baik dani uniq+head+pcba+ceksum.
kadang firmware yang ceksum sama bisa kita gunakan tetapi sebaiknya mengunakan type yang unik sama semua

Semua pengguna tools hdd (PC3000, SalvationData, HRT, maupun Atola) sudah seharusnya punya koleksi modul. itu wajib banget. Ibarat seorang polisi, pegang pistol, ya harus ada pelurunya. lebih-lebih untuk hdd maxtor, variannya sangat banyak.
PC3000 tanpa loader, ram, modul (khusus maxtor) tentu tak bisa berbuat banyak.

Dicuplik dari:
www.yogyafree.net/forum2/viewtopic.php?f=13&t=13463

1 comment:

  1. tanya dong mas, saya punya maxtor 40giga tapi kok kalau di sambung dikompi ndetek cuma gk bisa di buka kenapa ya,

    ReplyDelete