Tuesday, October 27, 2015

Terkait layanan hosting e-mail D-Net

Q: Apakah server D-Net dilengkapi dengan anti virus yang akan melakukan scanning atas semua e-mail yang masuk (termasuk yang ditujukan ke domain kami, ...)?
A: Ya, sistem mail kami dilengkapi anti-virus dan anti-spam yang mendukung lalu lintas email yang bersih serta aman untuk domain milik klien DNET

Q: Jika ya, apa yang akan terjadi atas sebuah e-mail yang terdeteksi ber-virus?
Apakah akan tetap sampai ke kami dengan penanda tertentu?
Atau langsung dihapus sehingga kami tidak akan tahu sama sekali akan keberadaan email tsb?
A: Email yang terdeteksi sebagai virus akan langsung didelete sebelum masuk kedalam mailbox. Sedangkan untuk yang menyerupai spam, selama dalam skor-skor tertentu email tersebut akan di tag [DNET-SPAM], namun bila termasuk spam yang skor spamnya tinggi, email tersebut akan langsung di delete.

Q: Melalui Cpanel, kami telah mengaktifkan Apache SpamAssassin dan berencana untuk  meng-Enable fitur Auto-deletion.
Dengan setting seperti itu, bagaimana kami sebagai admin bisa melihat email mana saja yang di-Delete oleh sistem karena dianggap spam?
A: Pada spam assasin, user bisa mengatur tingkat strictness untuk spam sesuai kebutuhan dimana default adalah 5, dan dapat diset hingga 5-8 (untuk keamanan) , juga terdapat fitur blacklist dan whitelist, dimana blacklist akan langsung melakukan proses discard email yang termasuk, dan whitelist akan langsung mengirim mail yang masuk ke mailbox tanpa peduli skornya. User bisa melakukan trace email untuk email akun yang ada sehingga dapat melihat email yang terfilter spam asassin.      
Catatan sendiri:
Dari CPanel ada fitur Spam Box untuk menampung e-mail yang dianggap spam (perlu dicek dan dikosongkan secara berkala) tapi tampaknya tersedia tidaknya tergantung konfigurasi di sisi provider

No comments:

Post a Comment